Breaking News

20 Tahun Lalu Bill Gates Ramalkan soal Kemajuan Teknologi dan Kini Terjadi!

Siapa yang gak tahu dan kenal dengan Bill Gates? Pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia ini memiliki segudang kejeniusan yang sulit dilampaui orang normal. Saking jeniusnya dirinya bahkan bisa meramalkan kejadian-kejadian yang terjadi di masa depan.

Ramalan ini dia buat sekitar tahun 1999 dan kini sebagian telah menjadi kenayataan. Segala aspek ia ramal tapi khususnya di bidang teknologi ya. Entah itu teknologi informasi atau teknologi di bidang industri.

Baca juga: Jeff Bezos Hingga Bill Gates, 6 Kampus Ini Pencetak para Miliarder Dunia

Tentunya ia juga mengamati teknologi dari aspek sosial manusia, seperti perkembangan interaksi manusia di masa depan dan juga teknologi yang berkaitan dengan budaya masyarakat. Dikutip dari Businessinsider, ini 15 prediksi Bill Gates di masa lalu yang kini telah menjadi nyata, apa aja? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini:  

1. Situs perbandingan harga

Traveloka salah satu aplikasi perbandingan harga yang muncul saat ini buat pembelian aneka tiket maupun booking penginapan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gates pernah memprediksikan bakal banyak bermunculan layanan-layanan perbandingan harga, “Layanan perbandingan harga otomatis akan dikembangkan, memungkinkan orang untuk melihat harga dari berbagai situs web, menjadikannya mudah untuk menemukan produk termurah untuk semua industri”.

Baca juga: Mengapa Miliarder Dunia seperti Bill Gates Hingga Jack Ma Menjadi Filantropis?

Nah sekarang coba kamu perhatikan aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel pintar kamu, pasti ada deh aplikasi yang sejenis ini. Misalnya seperti Agoda, situs layanan yang mampu memberikan komparasi harga hotel-hotel termurah.

Atau ada juga Kayak dan Expedia yang membantu kamu buat nyari harga tiket pesawat termurah ke tujuan tertentu.

2. Perangkat elektronik yang bisa di bawa ke mana aja 

Perangkat elektronik yang bisa di bawa ke mana aja merupakan salah satu ucapan yang pernah disampaikan oleh Bill Gates, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gates pernah memprediksi bahwa, akan ada alat canggih yang praktis dan bisa dibawa ke mana aja yang mampu menunjang segala kegiatanmu. “Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka untuk tetap berhubungan dan melakukan bisnis dari mana pun berada. Mereka dapat mengakses berita, melihat jadwal penerbangan yang telah dipesan, dapat informasi pasar keuangan, dan apa saja di perangkat ini”.

Baca juga: Selain Bill Gates, 5 Orang Tajir di Dunia Ini Gak Punya Ijazah Sarjana

Ya, ini sih udah terbukti banget ya, semua ini bisa kamu lakukan hanya dengan segenggam ponsel pintar. Kalau mau lebih besar bisa menggunakan laptop. Atau mau yang lebih kecil dari telepon genggam? Saat ini sudah ada jam pintar yang fungsinya juga gak beda jauh sama ponsel.

3. Pembayaran dan pembiayaan online serta layanan kesehatan yang praktis

Pembayaran dan pembiayaan online serta layanan kesehatan yang praktis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nih dia juga memberikan ramalannya tentang perkembangan teknologi yang berkaitan dengan budaya masyarakat. “Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter melalui internet”.

Sekarang kalau mau bayar listrik kita gak perlu lagi ngantre ke PLN atau ke spot pembayaran lagi, cukup menggunakan ATM juga bisa.

Terus, kalau mau konsultasi ke dokter, sekarang juga udah ada website yang menyediakan jasa konsultasi masyarakat ke dokter ahli. Jadi kalau mau konsul penyakit-penyakit ringan atau mau tahu secara umum tentang keluhan yang kamu alami, kamu bisa tanyakan dulu ke dokter di internet, baru deh ke Puskesmas atau RS terdekat.

Tapi disarakan untuk langsung ke Puskesmas atau RS ya, karena kalau via inernet, dokternya gak bisa ngecek kondisi kamu secara langsung.

4. Personal Assistant

Siri maupun Google Asisstant merupakan salah satu yang pernah diucapkan oleh Bill Gates buat kemajuan teknologi di masa depan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bill Gates udah menerawang jauh 20 tahun yang lalu kalau perkembangan teknologi bisa bikin kamu punya Personal Assistant “Teman pribadi akan dikembangkan. Mereka akan menghubungkan semua perangkat kamu dengan cara yang cerdas, apakah di rumah atau di kantor, dan memungnkinkan kamu untuk bertukar data. Ketika kamu pergi ke toko, kamu bisa memberi tahu apa yang ingin kamu siapkan, dan itu bakal menghasilkan daftar bahan yang perlu kamu ambil”.

Ini benar banget nih, udah jadi kenyataan sekarang. Kamu bisa memiliki asisten pribadi dari ponsel kamu misalnya menggunakan Google Assistant, atau kalau kamu pengguna iOS kamu bisa pakai Siri buat melakukan apa aja. Tinggal pencet ngomong deh, semua data atau informasi yang kamu butuhkan bakalan keluar di layar ponsel.

5. Media Sosial

Kemajuan teknologi yang pernah diucapkan oleh Bill Gates 20 tahun lalu yakni dengan banyaknya sosial media, salah satunya Instagram, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dampak kemajuan teknologi juga merembet ke budaya berinteraksi manusia nih. Dari yang tadinya kalau mau ngobrol harus lewat telpon, surat, atau ketemu langsung, kini kamu bisa menggunakannya dengan bantuan internet. “Situs web pribadi buat teman dan keluarga kamu akan marak, memungkinkan kamu untuk ngobrol dan merencanakan acara”.

Sekarang kita bisa lihat juga nih ramalan Bill Gates ini 100 persen terbukti. Media sosial mulai menjamur dalam dekade belakangan. Ada BBM, WhatsApp, Line bikin kamu mudah berkomunikasi dengan kerabat yang berjauhan. Seolah gak ada jarak lagi deh meskipun beda benua, karena kamu bisa video call juga.

6. Rekrutmen pegawai secara online

Aplikasi rekrutmen pegawai secara online merupakan kemajuan teknologi yang perna diucapkan oleh Bill Gates 20 tahun lalu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pendiri Microsoft, Bill Gates memprediksi sekitar tahun 1999 memprediksi sistem perekrutan pekerja bisa melalui online alias via internet. “Demikin pula, orang yang mencari pekerjaan akan dapat menemukan peluang kerja online dengan menyatakan minat, kebutuhan, dan keterampilan khusus mereka.”

LinkedIn lah hasilnya! Aplikasi yang ini pasti ada di ponsel pintar kamu para pencari kerja atau kalangan profesional. LinkedIn merupakan situs yang menampilkan biografi dan rekam jejak seseorang yang bisa dilihat oleh para pembuka lowongan pekerjaan.

Jadi kamu bisa mengikuti proses rekrutmen dengan apply via LinkedIn, praktis banget, jadi alternatif Job Fair.

Udah tahu kan keenam prediksi Bill Gates di tahun 1999 yang kini menjadi kenyataan. Ternyata emang kejeniusannya bisa memprediksi masa depan secara tepat.

Sifat yang bisa menebak ke masa depan Bill Gates ini bagus banget kalau kamu juga memiliki kelebihan seperti ini. Kelebihan ini bisa didapat dengan memprediksi perkembangan zaman saat ini dan kedepannya, jadi gak perlu unsur-unsur klenik. Coba kalau kamu bisa menerawang ke depan tentang dunia bisnis. Wah kamu pasti bakalan bisa sukses! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Tidak ada komentar