Breaking News

Bikin Sial! 5 Aktivitas Ini Pantang Dilakukan Saat Imlek

Berbicara tentang Imlek atau Tahun Baru Cina, tidak lepas dari berbagai tradisi yang ikut serta di dalamnya. Namun, tahukah kamu, ternyata ada beberapa hal yang tabu dilakukan saat Imlek.

Di hari ini, seluruh anggota keluarga berkumpul berdoa bersama untuk para leluhur.

Saat Imlek, orang dewasa juga bisa memberi amplop merah atau angpau pada anak-anak dengan uang di dalamnya.

Orang-orang juga akan bersuka cita menyambut Hari Raya satu ini. Mereka akan merayakannya dengan menikmati kembang api, mengenakan pakaian khusus, dan menggantung lampion merah.

Di balik suka cita Imlek, masyarakat Tionghoa ternyata memiliki beberapa pantangan yang tabu dilakukan saat perayaan Tahun Baru. Meski berada jauh dari tempat asal, masyarakat keturunan Tionghoa harus menghindari lima hal tabu yang telah ada sejak dulu kala itu.

Apa aja lima aktivitas yang dianggap tabu dilakukan saat Imlek? Buat kamu yang penasaran ingin mengetahuinya, berikut rangkuman Guideku.com jaringan MoneySmart:

1. Keramas

Keramas
Keramas

Yang namanya akan menyambut Tahun Baru, tentu kita ingin tampil maksimal saat hari H. Selain menggunakan pakaian bagus, masyarakat Tionghoa tentu mandi dengan bersih saat akan merayakannya.

Namun, masyarakat Tionghoa dilarang keras untuk keramas. Menurut kepercayaan, keramas saat momen ini sama saja dengan menghapus keberuntungan sepanjang tahun.

Karena alasan itu, biasanya mereka akan potong rambut dan keramas sebelum hari H tiba.

Baca juga: Murah Meriah! 9 Chinatown Terbaik di Indonesia Ini Harus Kamu Kunjungi 

2. Buang sampah dan menyapu

Menyapu dan membuang sampah
Menyapu dan membuang sampah

Setiap rumah masyarakat Tionghoa biasanya sudah harus dipastikan rapi dan bersih sehari sebelum perayaan.

Terdapat kepercayaan yang menyebutkan, menyapu dan membuang sampah saat Tahun Baru Cina akan mendatangkan kesialan di rumah.

Ada juga yang percaya bahwa tindakan tersebut berarti membersihkan rezeki setiap anggota keluarga.

Baca juga: Dibagikan di Hari Imlek, Ini 10 Fakta soal Angpao

3.  Menangis

Menangis
Menangis

Bagi orang yang merayakan Imlek juga dilarang keras menangis. Pasalnya, menangis di momen ini dianggap sebagai lambang kesedihan serta hukuman untuk anak-anak.

Jadi, ada baiknya tidak melakukan tindakan yang mengundang tangis saat perayaan Tahun Baru Cina.

4. Makan bubur

Makan bubur
Makan bubur

Hal lain yang menjadi pantangan ialah, memakan bubur. Pasalnya, bubur dianggap mendatangkan kemiskinan serta menghalangi rezeki seseorang.

Karena itu, biasanya masyarakat saat Imlek lebih sering menyajikan nasi padat di atas meja.

5. Menjahit

Menjahit
Menjahit

Hal terakhir yang tabu dilakukan ialah, menjahit. Semua aktivitas yang menggunakan jarum diyakini akan memberikan pengaruh buruk bagi rezeki seseorang. Karena itu, menjahit dilarang dilakukan saat momen ini.

Itulah lima aktivitas yang dianggap tabu saat Imlek. Nah, buat kamu yang merayakan Tahun Baru Cina pada Selasa, 5 Februari 2019, esok, selamat berkumpul dengan keluarga dan kerabat ya. Gong xi fa cai!

 

Tidak ada komentar