Breaking News

Gaji Dua Digit, Lakukan Empat Hal Ini Agar Saat Tua Hidup Kaya Raya

Gaji dua digit alias Rp 10 juta ke atas per bulan tentu saja menjadi keinginan semua orang yang bekerja. Sayangnya, untuk mendapatkannya diperlukan proses panjang dan kerja keras.

Pasalnya, kenaikan gaji itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat berarti untuk seseorang yang berkarier. Kenapa? Karena gak mungkin dong perusahaan memberikan kenaikan gaji hingga dua digit kalau kinerja kamu jelek.

Hal itu tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan tidak sedikit orang yang merayakannya dengan mentraktir teman-teman kantor.

Tak masalah, asalkan jangan lupa satu hal, bahwa semakin besarnya pendapatan, akan diikuti dengan beratnya tanggung jawab. Salah satunya adalah tugas kantor yang semakin banyak.

Meski demikian, kualitas hidup seseorang itu tidak dinilai dari harta semata lho, tapi lebih ke cara mengelola harta yang baik. Jadi percuma saja jika kenaikan gaji tidak didukung oleh pengeluaran yang terkontrol dengan baik. Nantinya hanya akan buang-buang uang semata.

Karena itu, saat gajimu sudah dua digit sebaiknya kelola dengan baik agar masa tuamu bisa nyaman dan kaya raya tentunya.

Gimana caranya? Berikut empat di antaranya:

1. Konsisten menabung

Menabung lebih baik dimulai dari sekarang. Ilustrasi

Gaji sudah di atas Rp 10 juta tentu bukan jumlah yang sedikit. Bahkan untuk yang tinggal di Jakarta pun, kamu sudah bisa hidup sangat berkecukupan dengan gaji segitu. Jadi, tak ada alasan lagi untuk sulit menabung.

Coba untuk mulai galak sama diri sendiri dan konsisten menabung dengan jumlah tertentu. Patok minimal 10 persen dari gajimu. Intinya, setiap bulan apapun yang terjadi kamu harus bisa menabung.

Kalau menurutmu susah, kamu bisa ikut program tabungan berjangka atau buka rekening yang berbeda. Karena dana di rekening gajimu bisa langsung ditarik ke rekening tabungan secara otomatis alias auto debit.

2. Ikut asuransi kesehatan

Ikut Asuransi Kesehatan. Ilustrasi

Perlu kamu ketahui kalau asuransi kesehatan itu banyak manfaatnya, apalagi kalau plafon yang diberikan oleh kantormu gak terlalu besar.

Ya, siapa sih orang yang mau sakit. Tapi kalau tiba-tiba kamu sakit dan harus dirawat di rumah sakit, itu artinya ada pengeluaran tambahan. Kalau kamu hanya mengandalkan asuransi dari kantor, yang ada bisa nombok banyak. Tapi kalau punya asuransi sendiri, risiko bokek bayar biaya rumah sakit pun bisa dihindari dan gaji bulanan tetap terkendali.

Selain itu, ikut asuransi kesehatan akan membuat perencanaan keuanganmu menjadi lebih matang, karena kamu bisa mengeliminasi biaya pengobatan dari pos kebutuhan tak terduga.

Kamu bisa mencari asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan lengkap. Terlebih saat ini sudah banyak produk asuransi yang menawarkan premi murah yaitu Rp 300 ribu per bulan.

Meski begitu, kamu juga perlu melakukan riset dengan teliti untuk mendapatkan produk asuransi yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

3. Buat tabungan pensiun

Membuat tabungan pensiun. Ilustrasi

Masih sedikit orang yang tak sadar tentang pentingnya mengikuti dana pensiun sejak dini. Pasalnya mereka beranggapan kalau masa pensiun masih lama, sehingga untuk mempersiapkan dana tabungan pensiun tertunda.

Padahal hal itu salah besar lho. Karena semakin dini kamu ikut dana pensiun, maka semakin siap kamu menghadapi hari tua. Tapi semakin kamu menunda, maka akan semakin sempit pula waktu yang kamu punya untuk mengumpulkan uang.

Oleh karena itu, mempersiapkan dana pensiun sejak dini sangatlah penting supaya kamu bisa hidup tenang dan bahagia. Kamu bisa mengikuti tabungan pensiun secara mandiri, di luar dari yang diberikan oleh perusahaan tempatmu bekerja.

4. Mulai investasi

Memulai investasi. Ilustrasi

Investasi merupakan salah satu solusi terbaik untuk kamu yang ingin hidup makmur dan kaya raya di masa tua nanti.

Terlebih lagi kini sudah banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih mulai dari saham, deposito, reksa dana, sampai emas dan properti. Kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kemampuan dan horizon investasimu.

Nah, itu dia empat hal yang bisa kamu lakukan saat gajimu sudah dua digit dan ingin masa tuamu hidup makmur serta kaya raya. Yuk, mulai terapkan dari sekarang!

Tidak ada komentar