Breaking News

Ini Deretan Crazy Rich dari Benua Afrika, Penasaran Gak Bisnisnya Apa?

Masih ada stereotip yang menganggap orang-orang Afrika itu miskin-miskin. Itulah sebabnya beberapa orang gak percaya begitu dikasih tahu ada orang-orang terkaya di Afrika.

Stereotip tersebut sebenarnya gak lepas dari data yang menunjukkan bahwa rata-rata negara termiskin di dunia berasal dari benua Afrika. Mulai dari Kongo, Zimbabwe, Burundi, Liberia, Eritrea, hingga Nigeria.

Boleh-boleh aja sih beranggapan begitu dengan mengacu pada data tersebut. Namun, sejarah mencatat ada lho seorang Afrika yang masuk daftar orang terkaya di dunia. Nama orang tersebut adalah Mansa Musa yang merupakan seorang raja di Kerajaan Mali, Afrika Barat.

Raja Mansa Musa diketahui memiliki kekayaan hingga US$ 415 miliar. Kalau dirupiahkan, total kekayaannya Rp 5.797 triliun. Sungguh nilai yang fantastis, bukan? Besarannya tiga kali pemasukan negara tuh. Kekayaannya tersebut diperoleh dari tambang emas di kerajaannya.

Bukan Mansa Musa aja yang tercatat sebagai orang terkaya di Afrika, melainkan cukup banyak lho orang-orang Afrika yang punya kekayaan dengan nilai fantastis. Dikutip dari Forbes, berikut ini adalah daftar orang-orang Afrika dengan kekayaan bernilai miliaran dolar.

Baca juga: Jadi Pemimpin Negara, 3 Orang Ini Lebih Sering Tampil Sederhana

1. Aliko Dangote – Rp 143 triliun

Aliko Dangote, orang terkaya dari Afrika. (Instagram/@dangotegroup)
Aliko Dangote, orang terkaya dari Afrika. (Instagram/@dangotegroup)

Masuk daftar orang terkaya di Afrika nomor satu, Aliko Dangote tercatat memiliki kekayaan US$ 10,3 miliar atau Rp 143 triliun. Aliko Dangote merupakan pengusaha berkebangsaan Nigeria sekaligus pemilik dari Dangote Group.

Grup bisnis yang dibangunnya di Nigeria tersebut bergerak di berbagai sektor, mulai dari perdagangan, impor gula, produksi semen, beras, perikanan, hingga distribusi barang-barang konsumsi.

Pemasukan paling besar didapatnya dari Dangote Cement, unit usahanya yang fokus pada produksi semen. Asal tahu aja nih, Dangote Cement menjadi pemain terbesar dalam industri semen di benua Afrika. Gak heran kalau unit bisnisnya itu jadi penyumbang terbesar kekayaannya.

Baca juga: Punya Laba Hingga Ribuan Triliun, Ini Perusahaan Terkaya di Amerika Serikat

2. Mike Adenuga – Rp 128 triliun

Orang terkaya ke-2 di Afrika, Mike Adenuga. (Instagram/@mike.adenuga)
Orang terkaya ke-2 di Afrika, Mike Adenuga. (Instagram/@mike.adenuga)

Masih dari Nigeria, Forbes memasukkan nama Mike Adenuga sebagai orang terkaya di Afrika nomor dua. Pengusaha berdarah Afrika ini dilaporkan memiliki kekayaan sebesar US$ 9,2 miliar atau Rp 128 triliun.

Mike Adenuga memiliki bisnis yang bergerak di sektor telekomunikasi dan produksi minyak. Unit bisnis telekomunikasinya, Globacom, diketahui merupakan operator telekomunikasi terbesar ketiga di Nigeria dengan pelanggan yang berjumlah 43 juta orang.

Sementara itu, unit bisnisnya yang bergerak di sektor minyak, Conoil Producing, mengoperasikan enam blok minyak di Delta Niger. Dari kedua sektor bisnis itulah, gak mengherankan kalau Mike Adenuga bisa kaya banget.

Baca juga: Crazy Rich Criminals! Ini 10 Penjahat Terkaya di Dunia

3. Nicky Oppenheimer – Rp 102 triliun

Nicky Oppenheimer, salah satu orang terkaya Afrika yang bisnis berlian. (Instagram/@nickyoppe)
Nicky Oppenheimer, salah satu orang terkaya Afrika yang bisnis berlian. (Instagram/@nickyoppe)

Di urutan ketiga, ada nama Nicky Oppenheimer yang masuk daftar orang terkaya di Afrika. Nicky Oppenheimer adalah seorang warga negara Afrika Selatan yang bukan berdarah Afrika. Nicky dilaporkan memiliki kekayaan senilai US$ 7,3 miliar atau Rp 102 triliun.

Kekayaannya sendiri berasal dari perusahaan berlian yang dipimpinnya, yaitu DeBeers. Nicky juga diketahui pernah menjabat posisi Wakil Ketua di Anglo American plc., sebuah perusahaan tambang multinasional yang bermarkas di Johannesburg, Afrika Selatan dan London, Inggris.

DeBeers, perusahaan yang dipimpinnya tersebut, merupakan warisan bisnis keluarganya. Nicky menjadi generasi ketiga yang mengelola perusahaan berlian ini.

Dari penjualan 40 persen saham DeBeers pada 2012, Nicky mendapatkan uang senilai US$ 5,1 miliar atau sekitar Rp 71 triliun. Nicky sendiri diketahui cuma memiliki 1 persen saham saja di Anglo American plc.

4. Nassef Sawiris – Rp 92 triliun

Nassef Sawiris, orang terkaya Afrika dari Mesir. (Forbes)
Nassef Sawiris, orang terkaya Afrika dari Mesir. (Forbes)

Dari Mesir, ada nama Nassef Sawiris yang menjadi orang terkaya di Afrika. Keturunan dari keluarga terkaya di Mesir ini dikabarkan memiliki kekayaan US$ 6,6 miliar atau Rp 92 triliun.

Nassef Sawiris menjabat posisi CEO di perusahaan konstruksi Orascom Construction. Sawiris juga menjalankan perusahaan produsen pupuk nitrogen, OCI. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan pupuk nitrogen terbesar di dunia yang bangun pabrik di Texas dan Iowa, Amerika Serikat.

Gak cuma kedua bisnis tersebut, Nassef Sawiris juga diketahui punya posisi penting di salah satu klub sepak bola Liga Inggris. Ia memegang posisi sebagai Executive chairman di Aston Villa FC.

Nah, itu tadi deretan orang-orang terkaya di Afrika. Gak seperti yang dipikirkan banyak orang, ternyata benua Afrika juga melahirkan banyak Crazy Rich lho. Nilai kekayaan mereka pun bukan main ngerinya, tembus hingga ratusan triliun rupiah. Salut deh! (Editor: Ruben Setiawan)

Tidak ada komentar