Breaking News

Punya Gaji Pas-pasan? Ini 4 Jenis Investasi yang Tepat Buatmu

Siapa bilang cuma karyawan bergaji besar aja yang bisa meraih kebebasan finansial? Buat kamu karyawan yang bergaji kecil bisa kok #MerdekaFinansial. Salah satunya dengan cara berinvestasi.

Investasi zaman sekarang udah gak kayak dulu, butuh modal besar. Hal itulah yang membuat banyak orang khususnya mereka yang bergaji kecil mengurungkan niatnya untuk investasi. Padahal, kini udah banyak banget jenis investasi yang modalnya aman di kantong.

Karena itu, kali ini MoneySmart ingin memberikan beberapa pilihan jenis investasi yang tepat untuk kamu yang bergaji pas-pasan. Gak perlu takut kantong terkuras habis, soalnya ada lho investasi yang hanya perlu modal di bawah Rp 10 ribu.

Apa saja itu? Berikut ini empat di antaranya:

1. Emas batangan

Emas batangan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin terjun ke investasi tapi berpenghasilan tidak terlalu besar.

Kalau membeli emas secara tunai terlalu berat buatmu, kini kamu bisa lho investasi emas hanya dengan mengeluarkan uang Rp 6.000 saja.

Caranya adalah dengan membuka rekening tabungan emas yang ada di Pegadaian. Meski namanya tabungan, tapi bukan berarti kamu nabung dalam bentuk emas ya. Di sini, kamu nabung untuk memiliki emas.

Nah, dengan dana Rp 6.000 tadi, kamu berhak dapat emas seberat 0,01 gram. Tapi saat awal membuka tabungan, kamu akan dikenakan beberapa biaya seperti:

  • Biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu
  • Biaya titip emas selama satu tahun sebesar Rp 30 ribu.

Nah dengan uang gak sampai Rp 50 ribu, kamu sudah bisa mulai investasi. Jadi pengeluaranmu untuk kebutuhan yang lain gak terganggu kan?

2. Reksadana

Tak hanya emas, reksadana juga menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan dan risikonya juga minim.

Untuk dapat terjun ke jenis investasi yang satu ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 100 ribu.

Ya, memang sekarang sudah banyak sekali perusahaan manajer investasi yang menawarkan reksadana dengan jumlah yang kecil.

Jadi gak ada salahnya kok kalau kamu menyisihkan uangmu sedikit untuk mencoba peruntunganmu di investasi reksadana.

3. Tabungan berjangka

Dengan minimal uang Rp 100 ribu, kamu sudah bisa membuka tabungan berjangka lho. Selain modalnya gak gede, tabungan berjangka juga bisa mengamankan finansialmu agar kamu #MerdekaFinansial saat tua.

Karena itulah banyak banget orang yang melirik jenis tabungan yang satu ini. Apalagi buat mereka yang gak bisa menabung tapi gak mau hidup susah di kemudian hari.

Tabungan berjangka memiliki fitur auto debet. Jadi, setiap bulan uang kamu akan langsung ditarik otomatis oleh bank dari rekening tabungan induk di tanggal yang sudah ditetapkan.

Selain ditujukan untuk dana setelah kamu pensiun dan tidak lagi menghasilkan duit dari bekerja, tabungan berjangka juga bisa ditujukan untuk dana pendidikan anak, dan lain sebagainya. Gak cuma itu aja. Beberapa program tabungan berjangka yang ditawarkan sejumlah bank juga menawarkan fasilitas asuransi jiwa hingga mencapai Rp 15 miliar.

4. Saham

View this post on Instagram

Syarat saham perusahaan yg masuk dalam kategori syariah, menurut ketetapan DSN MUI dan OJK sbb: 1. Tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan prinsip syariah. Saham Perbankan konvensional, Perusahaan Rokok maupun Perusahaan Minuman keras secara otomatis tdk masuk ke dalam kategori saham perusahaan syariah, selain perusahan2 tsb, ada sekitar 380an perusahaan yg masuk dlm kategori syariah termasuk cunsomer goods, perbankan syariah dll 2. Jumlah Utang tidak boleh lebih dr 45% dr Jumlah keseluruhan Modal yang dimiliki oleh perusahaan 3. Pendapatan non halal (misalnya pendapatan bunga krn menyimpan uang di perbankan utk gaji karyawan atau selisih kurs utk pembayaran utang dlm mata uang lain) tidak boleh melebihi 10% dr total pendapatan perusahaan . Kegiatan jual beli saham perusahaan di pasar modal Indonesia termasuk ke dalam kegiatan muamalah dan telah mendapatkan fatwa syariah dari DSN MUI no 80 tahun 2011 krn telah memenuhi prinsip jual beli dlm islam (ada penjual ada pembeli dan benar2 ada perusahaan yg diperjualbelikan dalam bentuk surat berharga kepemilikan/saham). Selengkapnya di www.idx.co.id . Jadi, tunggu apalagi #sekarangwaktunya #yuknabungsahamsyariah @indonesiastockexchange @idxislamic

A post shared by Ngerti Saham (@ngertisaham) on

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang high return and high risk. Jadi keuntungan dan risikonya sama-sama tinggi.

Menurut Parto Kawito, Direktur PT Infovesta Utama, kini sudah banyak sekuritas kecil yang menawarkan investasi saham dengan modal kecil yaitu Rp 500 ribu.

Tapi buat kamu yang belum mengetahui bagaimana cara bermain saham, sebaiknya jangan investasi dengan modal yang gede. Karena kalau salah-salah, yang ada bukannya untung tapi malah buntung.

Parto juga menyarankan agar kamu menginvestasikan 5 persen saja dari kekayaanmu. Setelah kamu mengerti cara bermain saham, baru deh dinaikkan jumlah investasinya secara berkala.

Nah, itu dia empat jenis investasi yang tepat dan terbaik untuk kamu karyawan bergaji pas-pasan. Sudah siap untuk berinvestasi?

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Tidak ada komentar