Breaking News

Tanya Dokter Tentang Kehamilan Tentang Pemilihan Produk Kosmetik yang Aman Dipakai Bumil


Tanya Dokter Tentang Kehamilan Tentang Pemilihan Produk Kosmetik yang Aman Dipakai Bumil - Pada dasarnya memang hampir semua wanita memiliki kecenderungan untuk merawat diri lebih dibandingkan dengan pria, termasuk diantaranya adalah dengan menggunakan berbagai macam produk kosmetik yang tentunya dapat menunjang penampilan. 

Hal ini sangatlah penting apalagi bagi mereka yang juga bekerja. Hanya saja tidak semua jenis kosmetik yang digunakan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang aman dipakai, apalagi untuk wanita yang tengah dalam kondisi mengandung atau hamil. Bahkan banyak diantaranya yang tidak lagi memakai skincare ataupun kosmetik ketika tengah mengandung.



Sebenarnya tidak masalah masih menggunakan produk perawatan kulit dan juga kosmetik ketika sedang mengandung asalkan memilih yang aman dipakai. Tanya dokter tentang kehamilan dan juga pilihan kosmetik yang akan dipakai oleh wanita yang sedang hamil. Berikut ini diantaranya panduan mudah di dalam memilih kosmetik dan juga produk perawatan kulit yang aman bagi wanita yang sedang hamil, yaitu:

  1. Memilih produk antijerawat, perubahan hormol yang cenderung cepat selama masa kehamilan ini tidak dapat dipungkiri bisa memicu terjadinya pertumbuhan jerawat. Hanya saja sekarang Anda juga tidak bisa sembarangan dalam memilih obat-obatan atau kosmetik antijarawat karena tidak semuanya boleh dipakai oleh wanita yang sedang hamil. Seperti diantaranya adalah produk dengan kandungan tretinoin, kemudian juga produk yang mengandung asam silat, meskipun pada dasarnya dapat mengatasi jerawat, namun kurang aman bagi wanita yang sedang mengandung. Anda bisa mencari alternatif seperti diantaranya adalah produk yang mengandung benzoil peroksida.
  2. Produk untuk antipenuaan, sedangkan untuk produk-produk kecantikan dengan fungsi untuk mencegah penuaan juga haru diperhatikan jenisnya. Diantaranya yang harus dihindari adalah yang mengandung retinoid, produk tersebut memang memiliki fungsi untuk mengurangi kerutan dan juga memperbaiki warna kulit. Namun dalam sebuah study ditemukan bahwa bahan tersebut juga beresiko untuk menyebabkan gangguan pada janin.
  3. Pewarna kulu, hendaknya bumil juga hati-hati dalam menggunakan kutex, apalagi yang mengandung bahan phthalates di dalamnya, karena jika sampai terserap oleh tubuh, bahkan juga dirasakan oleh janin, maka nantinya bisa menjadi penyebab kelainan bawaan pada bayi tersebut semenjak lahir. Bahan yang satu ini sebenarnya tak hanya ditemukan pada kutex saja, melainkan juga hairspray. Biasanya pada bumil memang sangat rentan untuk menghirup aroma dari bahan tersebut.
  4. Tabir surya, pemakaian tabir surya memang sangat penting, apalagi bagi yang terbiasa bekerja di luar ruangan, karena beresiko meningkatkan kulit terkena sinar UV yang merusak. Hanya saja dalam kondisi hamil wanita harus lebih selektif dalam memilih tabir surya ini. hendaknya hindari yang menggunakan bahan oksibenzon di dalamnya. Karena bisa menjadi penyebab bayi lahir dengan berat badan kurang dari normal. Anda bisa menggantinya dengan tabir surya dengan kandungan titanium dioksida yang lebih aman.
  5. Pewarna rambut, bahan kimia yang didapatkan dari cat rambut memang kemungkinan besar bisa masuk kedalam tubuh lewat kulit kepala dan menyebabkan rasa mual. Hal inilah mengapa wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk sebaiknya menghindari atau tidak menggunakan pewarna rambut selama masa kehamilan tersebut, apalagi pada trimester pertama kehamilan.
Pastikan kandungan Anda tetap sehat dan buah hati lahir secara normal dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi, dilakukan dan juga digunakan. Tanya dokter tentang kehamilan yang lainnya bisa lebih mudah dengan konsultasi online gratis lewat aplikasi Halodoc, ada banyak dokter ahli yang akan menjawab pertanyaan Anda.

Tidak ada komentar